BAB II
KAJIANTEORIer
tersusun atas dua komponen utama yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat
lunak (software). Kedua hal inilah yang membuat komputer tersebut menjadi alat
elektronik multifungsi kepada penggunanya (brainware), karena tanpa kedua komponen
ini komputer bukanlah apa-apa. Dengan bantuan suatu jaringan komputer juga
dapat beroperasi lebih luas. Berikut penjelasan lebih lengkap dan rinci
mengenai definisi dan contoh dari hardware, software, dan Network tersebut.
2.1
Hardware
2.1.1
Pengertian Hardware
Pengertian
dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama
“perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat
alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata,
yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.Hardware dapat bekerja
berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut
dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat
dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan
berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara
fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem.
Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu
kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak
berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini
termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan
fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input
divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing
Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal
( unit tambahan)
Komponen
dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input
device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor
(ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device
terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari
harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri
dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen
tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya.
Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
2.1.2
FUNGSI HARDWARE PERAGKAT KERAS
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit
ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu
memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC)
adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan
user (pengguna) dengan komputer.
Data
yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan
maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem
komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk
mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk
memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan
sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
1) Peratalan
input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat
pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer
graphics tablet, scanner.
2) Peralatan
input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input
diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau
peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard
merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan
komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus
serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah
lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan
keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan
dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887
diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan
sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan
sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah
tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal
memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input
device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara
cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan
keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah
berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input
device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan
pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol,
umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.
Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak
tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik
(Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang
ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan
diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan
menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan
sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin
ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali
secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan
menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right
click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan
wireless.
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita
temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari.
Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad
adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d. Light
Pen
Light
pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design
gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat
mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar
monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e. Scanner
Scanner
adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar
atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer
selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini
mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat
dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui
monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi
dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file
gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan
untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk
melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan
untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan
jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali
jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy
gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical
Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
2. Process device (unit Pemrosesan)
a.
Power Supply
Power
supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay
mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan
komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya
sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer
yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt
dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal (
unit tambahan).
b.
RAM (Random Access Memory) – Memory
RAM
merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah
pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer
yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan
menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat
untuk diolah menjadi informasi.
c.
Kartu grafis (unit keluaran)
Kartu
grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan
dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari
rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU
pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap
video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire,
dan menghubungkan menuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu
grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.
d.
Prosesor (unit pemprosesan)
Pengertian
Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer.
Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang
memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di
iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda.
e. Motherboard
(unit pemprosesan)
Motherboard
atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik
saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada
motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu
grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.
Motherboard
yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama
kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
3. Output device ( Unit keluaran
)
a.
Monitor
monitor
komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah
berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar
monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi
masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah
televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda.
Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan
pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari
bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan
layar datar (flat).
b.
Printer
Printer
merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi
untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada
media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis
Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet. klik di sini –>
pengertian printer lebih detail
c.
speaker
Sepaker
di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah
transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara
menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
a.
Harddisk (HDD)
Harddisk bisa juga
disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk adalah sebuah salah
satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data
sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis. Harddisk pertama kali
diciptakan oleh salah satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Johnson pada tahun
1956. Harddisk yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama kali
terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatan
putaran mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan
4,4 MB.
Data
yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan
listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan
untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam
perkembangannya harddisk ukuran fiskiknya menjadi semakin tipis dan kecil namun
memiliki daya tampung data yang sangat besar. Harddisk saat juga tidak hanya
dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di
luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun kabel lain yang
mendukung.
b.
Modem
pengertian
Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi,
yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier
signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media
tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus.
Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer
yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog, klik di sini untuk
pengertian modem lebih detail.
2.2
SOFTWARE
2.2.1
Pengertian Software
Software
adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam
menjalankan pekerjaanya. Software (perangkat lunak) ini merupakan catatan bagi
mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Selain
itu, software juga merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh
komputer itu sendiri. Data yang disimpan ini dapat berupa program atau intruksi
yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh
komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai
keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun
ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta
data-data yang diolahnya. pengolahan pada software ini melibatkan beberapa hal,
di antaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur
sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.
software ini di buat
untuk mempermuadah kegiatan manusia,seperti software pengolah huruf seperti
microsoft word dan software pengolah angka seperti microsoft excel dll.
2.2.2
Sejarah Jaringan Komputer
Konsep
jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek
pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard
University yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut
hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai
bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong
dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa
dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian.
Ditahun 1950-an ketika
jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka sebuah
komputer mesti melayani beberapa terminal (lihat Gambar 1) Untuk itu ditemukan
konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing
System), maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer
diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke
sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi
komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang
sendiri-sendiri.
Memasuki
tahun 1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat
komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses
distribusi (Distributed Processing). Seperti pada Gambar 2, dalam proses ini
beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk
melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer.
Dala proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara
teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus
didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam
satu perintah dari komputer pusat.
Selanjutnya
ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses
distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai
beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer
(Peer to Peer System) saja tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah
berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN. Demikian
pula ketika Internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri
sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa WAN.
2.2.3
Jenis Software
Software
komputer adalah salah satu elemen penting dari komputer setelah hardware
komputer. Software komputer juga dapat membantu para pengguna komputer untuk
mengenal komputer Anda.
Ada beberapa jenis
software komputer yang harus Anda ketahui, berikut software – software
tersebut:
1. Operating
sistem – software yang merupakan sumber dari software lainnya yang dapat
mengijinkan software lainnya untuk berjalan. Contoh dari software operating
sistem ini adalah Window Vista, Mac OS X dan Linux
2. Software
Driver – Program in mengijinkan komputer untuk dapat berinteraksi dengan
perangkat hardware tambahan seperti printer, scanner, dan video cards.
3. MLM
Software – software mlm ini dapat membantu dan mempermudah pebinsis mlm untuk
mengatur, mengontrol dan memantau bisnis mlm. Contoh dari software ini adalah
strategic management report
4. Software
Pendidikan – berbeda dengan jenis program sebelumnya, software pendidikan ini
dapat mengajarkan apapun dari komputer, melakukan aktifitas yang berhubungan
seperti mengetik atau berbagai macam jenis pendidikan lainnya seperti kimia.
5. Software
Produktifitas – Jenis software ini mengijinkan pengguna untuk lebih produktif
baik itu dalam menjalankan bisnis atau menjalankan aktifitas produktif lainnya.
Contoh dari software ini adalah software pengolah huruf (Ms Words), Software
pengatur database, software presentasi dan beberapa software lainnya.
6. Software
Games - Jenis software ini termasuk dalam kategori entertainment atau hiburan,
software ini memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis tersebut seperti MMOs
(Massive Multiplayer Online games), first-person shooters, action games,
roleplaying games, and game petualangan.
7. Media
player dan pengembangan software media lainnya Software yang dibuat untuk dapat
memainkan atau mengedit media digital seperti file music atau video.
Software
mengandung fungsi-fungsi, baik yang menginstruksikan hardware atau yang
mengolah dan menyediakan fasilitas untuk software lainnya. Berikut adalah
beberapa jenis-jenis software secara umum dan penjelasannya.
1.
System
Software
System software menyediakan
fungsi-fungsi dasar untuk kebutuhan komputer, yang bisa dibagi menjadi sistem
operasi atau sistem pendukung. Sistem operasi adalah sebuah software yang
paling mendasar, yang membantu menjalankan hardware komputer dan sistem
pendukung.
Sistem software bertanggung jawab
mengatur berbagai hardware agar dapat bekerja secara bersama-sama. Sehingga
para pengguna dan software yang lain tidak perlu memikirkan bagaimana hardware
bekerja.
Tugas utama lain dari system software
adalah menjembatani antara software-software yang lain dengan hardware. System
software menerjemahkan intruksi-instruksi dari software lain ke dalam bahasa
mesin sehingga dapat diterima oleh hardware.
Termasuk juga aksesoris pendukung
seperti web cam, flashdisk, printer, dan lain-lain supaya bisa berjalan dengan
stabil. System software adalah software yang berada pada level paling bawah di
mana bahasa yang digunakan ada assembler (bahasa mesin). Contoh dari system
software adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS X.
2.
Programming
Software (Software Pemrograman)
Software pemrograman biasanya dipakai
untuk memudahkan para pembuat program (programmer) untuk menulis program yang
kemudian dibentuk menjadi sebuah obyek yang bisa diakses oleh system software
dalam bentuk aplikasi.
Software pemrograman berbentuk lebih ke
instruksi langsung terhadap system software. Berbagai macam software
pemrograman digunakan dan bermacam pula varian dari algoritma masing-masing
software pemrograman.
Dalam hal ini software pemrograman
adalah software yang berada pada level tengah. Contohnya seperti Visual Studio,
Gambas, Delphi, C++ dll.
3.
Application
Software (Software Aplikasi)
System software tidak mengarah langsung
ke sebuah kebutuhan. Atau lebih jelasnya, software aplikasi menawarkan berbagai
fungsi-fungsi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pengguna dan dimana aplikasi
tersebut dibutuhkan.
Software aplikasi dibangun untuk sebuah
tujuan atau keperluan yang bisa berupa program khusus atau berbagai kumpulan
dari program-program.
Software
aplikasi menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk menginstruksikan tugas-tugas
dalam bentuk yang lebih sederhana, artinya bukan dalam bentuk
pemrograman.Contoh dari software aplikasi adalah browser internet, aplikasi
bisnis, aplikasi perkantoran, editor kata dan gambar, dan lain-lain.
2.2.4
Fungsi System Software
System
software menyediakan fungsi-fungsi dasar untuk kebutuhan komputer, yang bisa
dibagi menjadi sistem operasi atau sistem pendukung. Sistem operasi adalah
sebuah software yang paling mendasar, yang membantu menjalankan hardware
komputer dan sistem pendukung.
System
software bertanggung jawab mengatur berbagai hardware agar dapat bekerja secara
bersama-sama. Sehingga para pengguna dan software yang lain tidak perlu
memikirkan bagaimana hardware bekerja.
Tugas
utama lain dari system software adalah menjembatani antarasoftware-software
yang lain dengan hardware. System software menerjemahkan intruksi-instruksi
dari software lain ke dalam bahasa mesin sehingga dapat diterima oleh hardware.
Termasuk
juga aksesoris pendukung seperti web cam, flashdisk,printer, dan lain-lain
supaya bisa berjalan dengan stabil. System software adalah software yang berada
pada level paling bawah di mana bahasa yang digunakan ada assembler (bahasa mesin). Contoh darisystem software adalah
Microsoft Windows, Linux, Mac OS X.
2.3
JARINGAN KOMPUTER
Jaringan
komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang
terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel
atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling
bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama
menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer,
printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah
jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
2.3.2
Jenis Jaringan Komputer
Secara umum jaringan
komputer dibagi atas lima jenis, yaitu:
1. Local
Area Network (LAN)
Local
Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung
atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan
untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor
suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya
printer) dan saling bertukar informasi.
2. Metropolitan
Area Network (MAN)
Metropolitan
Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih
besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat
mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah
kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN
mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan
televisi kabel.
3. Wide
Area Network (WAN)
Wide
Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali
mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang
bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
4. Internet
Sebenarnya
terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras
dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering
berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan
lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang
seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini
diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan
melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat
lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan
internet.
5. Jaringan
Tanpa Kabel
Jaringan
tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa
dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin
mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas
mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena
koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini
jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan
mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan
yang menggunakan kabel.
2.3.3
Manfaat Jaringan Komputer
Manfaat Jaringan
Komputer Bagi Kehidupan Manusia
Beberapa pemanfaatan jaringan
komputer, diantaranya:
1. Jaringan
dapat membantu dalam penanganan perangkat keras secara bersama. Misalnya satu
printer yang dibagi untuk beberapa komputer karyawan di kantor.
2. Memudahkan
manajemen data dengan menempatkannya secara tersentral. Data penting dari
setiap komputer pada dasarnya akan berada di satu komputer. Hal ini akan
memudahkan pengelolaan data. Satu data yang dibuat akan tersedia di komputer
manapun yang ada di jaringan.
3. Berbagi
internet dapat dilakukan dengan jaringan. Jaringan internet bisa dimanfaatkan
secara bersama-sama asalkan bandwidth yang dimiliki cukup. Dengan jaringan
komputer, mak hanya diperlukan berlangganan satu koneksi internet saja yang
dapat digunakan oleh semua komputer yang terhubung dalam jaringan. Disamping
itu jaringan dapat digunakan untuk memblokir situs-situs tertentu yang tidak
diperbolehkan diakses.
4. Berbagi
file menjadi lebih mudah antar komputer tanpa harus melakukannya secara fisik
menggunakan media flash drive atau CD/DVD. Anda bisa berbagi file musik,
gambar, video atau apa saja dengan semua komputer yang terhubung dengan
jaringan anda. Anda juga dapat menggunakannya sebagai backup jika seandainya
komputer anda suatu saat terjadi masalah, maka data anda tidak hilang karena
masih ada salinannya di komputer lain dalam jaringan anda.
5. Penggunaan
untuk game multi player. Game populer yang ada di dunia pasti support multi
player. Multi player adalah suatu game dimana pemainnya bisa lebih dari satu.
Asalkan tergabung dalam sebuah jaringan, membuka game yang sama, maka bisa
bergabung dalam satu permainan yang sama. Keuntungannya adalah anda semua yang
bermain game ada di komputer sendiri-sendiri sehingga layarnya tidak
terbagi-bagi.
6. Layanan
telepon melalui jaringan atau VoIP (Voice over IP). Layanan ini dapat membuat
anda saling berkomunikasi dengan teman anda dalam satu jaringan mirip seperti
telepon, tapi tidak dikenakan pulsa.
7. Hiburan
dalam rumah anda dapat ditingkatkan dengan adanya perekam video digital yang
tergabung dalam jaringan, dapat menonton film yang sama dengan televisi yang
berbeda.
8. Keamanan
dapat dijamin karena data yang penting diletakkan secara tersentral dan
dilindungi dengan sistem proteksi identitas atau password. File yang tersentral
ini juga dapat dibuat salinannya setiap beberapa waktu untuk memastikan data
yang ada tetap utuh, tidak hilang atau cacat. Selain itu antivirus lebih mudah
mendeteksi jika ada virus karena data yang terletak pada satu tempat saja.
9. Dapat
menggunakan sistem komputasi workgroup dimana hal ini memungkinkan banyak
pengguna untuk berkontribusi pada satu dokumen secara bersamaan. Hal ini
memungkinkan kerjasama tim secara interaktif meskipun terpisah oleh jarak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar